Jumat, 11 November 2011

Unity 3D





 Assalamualaikum wr wb.
UNITY 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Jika anda belum memakai unity3D, maka bersiaplah untuk mencobanya, karena game developer ini sangat mudah menggunakannya, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D.

selain bisa untuk build game PC, UNITY juga dapat digunakan untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, & android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri.
Selain itu juga bisa juga buat web, cuma butuh install Unity webplayer nya ajah. Unity lebih kurang sama dengan Blender game engine cuma unity lebih ringan dan diintegrasi lebih didalm suasana grafik

bahasa pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVA SCRIPT, CS SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT.. bagi agan-agan yang ingin mulai belajar, jangan takut... Unity tergolong cukup mudah untuk dikuasai.
simkuring yang dulunya mual ngeliat "jelimet-keritingnya-sebuah-script" pun dikit-dikit bisa mulai kenalan sama Unity & bikin game sederhana.

 Kelebihan unity yaitu multiple platform, maksudnya banyak platform yang diisupport oleh unity, misal Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Bahasa pemrograman yang digunakan bermacam-macam, mulai dari Javascript, C#, dan Boo.
Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain / modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain  Jadi jika kita ingin mendesain, kita memerlukan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx 
Untuk tutorial unity, dapat kita lihat di sini : http://www.youtube.com/watch?v=5-X-Ebh1kYA&feature=channel, di situ dari pengenalan sampai scripting dijelaskan dengan baik, namun dalam penjelasannya menggunakan bahasa inggris
.


Keterangan lanjut tentang unity 3d
http://en.wikipedia.org/wiki/Unity3D


Antara game yang menggunakan unity3d

1)Begone - 1st shooter game,
x perlu download file yng besar
http://www.kongregate.com/games/nplay/begone





1. Tutorial unity3d membuat First Person Shooter sederhana. file : pdf.. Download
2. Tutorial unity3d membuat game dari step sederhana bukan dasar. file : video. link to site
3. Tutorial unity3d mendesain arena game dari yang sederhana. file : video. link to site

ikutilah dahulu tahapan dari tutorial diatas, dijamin tidak ada kesulitan dalam memahaminya.

mungkin hanya segitu saja yang dapat di posting ! "Hatur Nuhun kana Perhatosanana"

wasalamualaikum wr wb.




1 komentar:

assalamualaikum saya mau nanya gimana ya menggerakkan carakter mobil yang kita download ke unity tolong beri tau

Posting Komentar